Nyonya Indo

Info Terbaru

Hari Batik

Hari Batik

UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sudah mengukuhkan batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage). Pengukuhan tersebut akan secara resmi dilakukan pada 2 oktober 2009. Negara tetangga kita, seperti Malaysia, Singapura, bahkan China juga memproduksi batik dengan motif yang cukup beragam. Oleh karena batik memang identik dengan Indonesia, maka walaupun negara lain bisa memproduksinya akan tetapi batik Indonesia harus membuat pengakuan pada dunia internasional bahwa Batik Indonesia memang pantas sebagai warisan budaya dunia.

Jenis batik yang dikukuhkan sebagai World Heritage adalah batik tulis yang memang hanya diproduksi di Indonesia, Pembuatannya yang memakan waktu cukup lama  karena dilakukan secara manual menggunakan canting serta proses pewarnaan sehingga membuat corak dan kualitas batik tulis yang dihasilkan sangat istimewa. Harganya juga lebih tinggi dibandingkan dengan batik yang di cetak atau printing. Untuk membuat batik tulis juga membutuhkan keahlian khusus karena tingkat kesulitan pembuatannya yang cukup tinggi.

Batik ternyata juga bukan hanya sebuah kain yang bercorak tanpa makna , Untuk jenis corak batik tulis, ada juga beberapa yang hanya diperuntukkan untuk kalangan kerajaan Jawa dan tidak bisa dibuat oleh orang sembarangan. Hal itu terkait filosofi dan status sosial dari si pemakai. Maka dari itu di dalam batik selalu tertuang filosofi kehidupan dan warisan budaya leluhur yang harus dijaga.

Untuk mendukung pengukuhan batik tulis Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage), mari kita memakai batik pada setiap 2 Oktober untuk menunjukkan rasa bangga kita sebagai bangsa Indonesia, yang memiliki warisan budaya yang luar biasa yaitu batik tulis.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.

WhatsApp chat
Positive SSL